IqbalThemi's Profile


Terlahir sebagai anak pertama dari tiga bersaudara. M. Iqbal Themi lahir di Jakarta, 26 Juni 1990. begitu ia biasa disapa, tumbuh dan dibesarkan di kabupaten pesisir barat yang terletak di Pesisir Barat Lampung. Jalur pendidikan formalnya ditempuh di SDN 3 Marang, SMPN 1 Bengkunat, dan SMAN 1 Pesisir Selatan yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat (Krui), Lampung. Saat ini, iqbal masih terdaftar sebagai mahasiswa di kampus Universitas Sriwijaya Fakultas Ilmu Sosial dan Pendidikan (FISIP), jurusan Administrasi Negara angkatan 2008. 

Sejak di bangku sekolah dasar ia telah aktif dalam kegiatan eksternal kampus. Hal itu berlanjut hingga di bangku sekolah menengah pertama, atas dan perguruaan tinggi. Beberapa organisasi pernah dinaunginya semasa di sekolah, yakni: Pramuka & OSIS di SMP. Kemudian, OSIS (Koord. Bid) & MPK (Ketum) di SMA.

Sementara, ketika di bangku kuliah ia pernah aktif di beberapa organisasi kemahasiswaan, antara lain di WAKI FISIP (Anggota PPSDM), BEM FISIP (Kadin Sospol), KEMALA Unsri (Anggota PPSDM), KAMMI Komisariat Al-Aqsho Unsri (Kadept & Ketum),  BEM Unsri (Menteri Politik & Luar Negeri)

Selain aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, ia juga dikenal sebagai pembicara dan trainer, sering kali di minta mengisi acara di kegiatan mahasiswa, pembicara di berbagai pelatihan/training, dan narasumber on air baik di Radio/Televisi lokal. Aktivis yang memiliki keinginan besar menjadi Bupati di daerah dimana ia dibesarkan ini telah berhasil menerbitkan sebuah buku berjudul Mahasiswa Visioner “Melompati Zaman Merebut Masa Depan”. Sebuah karya yang ia hasilkan saat masih menjadi mahasiswa.

Saat ini, iqbal aktif sebagai penggiat forum kajian strategis di Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Sumatera Selatan dan Sekretaris Jendral di Pengurus Daerah KAMMI Sumatera Selatan. Mengenai tempat tinggal, hingga sekarang iqbal masih tinggal di Indralaya, Ogan Ilir (30662), sumatera selatan.