Sabtu, 04 Mei 2013

Kata Mereka . . .

. . . buku ini dapat menjadi oase bagi generasi muda, khususnya para mahasiswa. Semoga apa yang dilakukan bung iqbal dapat memberi kontribusi positif masa depan Indonesia lebih baik. 
DR. Rizal Ramli, Mantan Menko Perekonomian RI era Presiden KH. Abdurahman Wahid

Tajam dan menukik pada inti persoalan. Kita butuh visi untuk menembus kabut tebal kekinian dan energi besar untuk merangsek menembus masa depan. Wajib dibaca. 
RIJALUL IMAM, S.HUM., M.SI, Direktur Eksekutif Future Depelopment Institute (FDI), Penulis buku: Menyiapkan Momentum.

Idealnya seorang mahasiswa memang harus mampu menjadi front line dalam merentas kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. buku ini layak untuk dibaca oleh siapapun, oleh mahasiswa sebagai pelaku utamanya agar mampu bersikap layaknya seorang mahasiswa, dan oleh masyarakat luas agar bisa memahami apa yang diinginkan mahasiswa dalam perjuangan cita-cita idealnya sebagai anak bangsa. 
SAYUTI RAMBANG, SH, Aktivis Pergerakan Sumsel 


“Iqbal memaparkan dunia kampus dengan mata seorang idealis dan pena seorang realistis. Sangat layak dibaca para calon dan mahasiswa yang tak ingin hari-harinya sia-sia...” 
YUNSIRNO, Pengusaha / Direktur Nasional Kampoenk Jenius Indonesia.

Buku inspiratif yang ditulis dengan bahasa renyah dan menarik untuk didalami. Tidak banyak buku yang mendiskusikan tentang mahasiswa dan gerakan yang dilakukannya. Tulisan Iqbal Themi ini ditulis melalui serangkaian perenungan atas pengalaman dan pengetahuan yang beliau miliki, sehingga menjadi sebuah buku yang ‘hidup’ dan mengajak pembaca untuk berdialog tentang hakekat mahasiswa. 
RIDWANSYAH YUSUF ACHMAD, Sekjend Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Belanda

 Buku “mahasiswa visioner” yang ditulis oleh Bung Iqbal ini kaya inspirasi. Bagai oase di tengah padang pasir bagi aktivis mahasiswa. Menggelitik dan santai bahasanya. Bagi mahasiswa dengan beragam latar belakang dan aktivitas, buku ini cocok untuk dibaca. Agar mahasiswa “tak sekedar” jadi mahasiswa. Apalagi “sekedar “ kuliah. Selamat menikmati hidangan Bung Iqbal ini. 
MUHAMMAD ILYAS, Ketua Umum PP KAMMI 2011-2013 

Sebagai entitas istimewa, di pundak mahasiswa tersemat banyak amanah. Tak hanya berpikir untuk diri sendiri, tetapi juga harus mengintegrasikan visi pribadi pada cita-cita nusa bangsa. Melalui buku ini, iqbal mengajak mahasiswa berefleksi agar mengoptimalkan masa istimewa di kampus untuk mulai menggoreskan cerita dalam dunia aktivisme. 
JUSMAN DALLE, Penulis dan Kolumnis Nasional 

Tidak mudah menemukan anak muda seperti Iqbal Themi. Gagasan yang berserak terasa liar ketika dituliskan, wacananya radikal namun dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Buku ini layak menjadi pegangan dan dibaca aktivis pergerakan, akademisi dan semua orang yang berfikir untuk terus mencintai Indonesia. Iqbal akan mengajak anda berfikir gaya anak muda, radikal, progresif dan membumi. Selamat berkarya anak muda, percayalah Indonesia akan jaya dari sentuhan fikiranmu. 
INGGAR SAPUTRA, S.Pd, Penulis dan Peneliti di Institute For Sustainable Reform (Insure).

Saya percaya pada niat baik mereka (para mahasiswa) bagi perubahan bangsa ini, sambil percaya bahwa mereka butuh teman bicara untuk merumuskan masalah secara jernih, memetakan medan secara cermat dan menunaikan amanah gerakan secara tuntas. Buku ini dapat dijadikan sebagai sumber intelektual untuk itu. 
SYAMSUDIN KADIR, MA, Penulis dan Mantan Pengamen Jalanan.

Buku ini sangat bagus dan menginspirasi. Bisa menjadi panduan aktivis yang ingin berkontribusi besar untuk bangsanya, Indonesia kedepan butuh 100 orang-orang yang menulis seperti ini. 
MUHAMAD SAEFRUDDIN, Presiden Mahasiswa KM IPB Jawa Barat 2011-2012 

“ Siapa yang bersiap jadi mahasiswa, Anda yang ngakunya jadi mahasiswa, baca buku ini!!” 
MUHAMMAD SYA’BAN, Presiden Mahasiswa AMIKOM Jogjakarta 2010-2012 / Penulis / Kreatifpreneur.

Menarik sekali membaca tiap bagian dari buku ini, terdapat ruh perubahan dan transformasi paradigma bagi mahasiswa yg selalu cinta pada perbaikan dan tetap resah terhadap kondisi yg ada disekelilingnya, agar tetap sadar untuk melakukan perubahan dengan menikmati indahnya jalan perjuangan. 
ROBY TRI WAHYUDI, Presiden BEM Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2011-2012 

Luar bisa Buku tulisan saudara M. Iqbal Themi  yang berjudul MAHASISWA VISIONER “Menembus Batas Merebut Masa Depan”, membuka cakrawala berfikir kita semua, memberikan pandangan formulasi yang baru untuk pemuda dan mahasiswa dalam menentukan tujuan hidup pasca menjadi mahasiswa serta memberikan motivasi ideal dengan kondisi kekinian yang sangat dibutuhkan untuk para pemuda dalam mencari jati diri yang sesungguhnya. 
MUHAMAD PAZRI, Presiden Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Kalimantan Selatan 2011-2012 

Luar biasa ! Iqbal merangkum semua gagasan dan mindset yang menurut saya dimiliki oleh aktivis-aktivis mahasiswa hebat yang ada di Indonesia dalam buku ini. Perubahan zaman mungkin bisa merubah metode gerakan, tapi ia tidak boleh merubah ruh, semangat, motivasi mahasiswa untuk berkontribusi bagi bangsa dan negaranya. Buku ini adalah salah satu instrumen yang tepat untuk menjaga ruh tersebut. 
REZA AULIARAHMAN BHAKTINAGARA, Presiden Mahasiswa BEM KM Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang 2012 

Menarik dan renyah, mengungkapkan sebuah gagasan dalam bentuk bunga rampai yang komunikatif, cukup jelas dalam memberikan gambaran kepada kita bagaimana seharusnya mahasiswa bertindak dan bersikap di kondisi bangsa pada saat ini 
ARIF SATRIANTORO, Presiden Mahasiswa BEM Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo 2011 

Jika kita menyadari tugas  dan fungsi mahasiswa serta mengetahui tujuan dari pendidikan, maka menjadi aktivis bukan menjadi pilihan lagi, akan tetapi menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Inilah yang coba di gambarkan oleh iqbal themi , sebagai seorang mahasiswa dan pengalamannya menjadi aktivis memberikan kesan tersendiri dalam tulisannya sehingga akan mudah sekali di cerna apalagi di bumbui dengan kata kata inspiratif yang akan menambah nilai motivasi kepada kita. 
HAMDAN ARDIANSYAH, Presiden Mahasiswa BEM REMA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung 2011-2012 

Membaca buku ini seperti menonton sebuah film documenter tentang pergerakan mahasiswa. Penulis adalah aktivis yang matang secara pengalaman baru kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan, bukan sebaliknya. Hal inilah yang membuat setiap kata dalam buku ini menjadi “bernyawa”. Buat yang berlebel aktivis mahasiswa, buku ini harus menjadi salah satu koleksi untuk menjadi referensi. 
ETIK PURNAMA SARI, Sekretaris Kabinet BEM Universitas Sriwijaya 2011-2012 

Good Job, Buku Iqbal ini dapat menjadi suplemen dan pegangan untuk para mahasiswa yang sedang menimba ilmu, mengupgrade diri dan berkontribusi dalam berbagai aktivitas di kampus. 
NI NYOMAN INDIRAWATI KUSUMA, Dokter Muda / Korpus Forum Perempuan BEM Se-Indonesia 201I

 Buku ini cocok, buat kamu – kamu semua yang mau kuliah dengan "ga biasa". Yang mau ikut serta dalam perubahan peradaban, karena sesungguhnya ’dalam setiap masa, pemuda selalu menjadi pelopor sebuah perubahan’ 
RESPATI OKTAVIANI, Koordinator Pusat Forum Perempuan BEM Se-Indonesia 2012 

Sebuah buku yang sangat baik dibaca khususnya bagi mahasiswa. Disajikan dengan lengkap  bagaimana menjadi mahasiswa visioner. Buku ini tepat untuk mereka yang sadar atas gelar mahasiswa yang disandangnya dan menjalankan perannya agar menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang dirindukan bangsa. 
PUJI SUMANTI, Aktivis KAMMI dan LDK di Universitas Sriwijaya 

Ketika membaca daftar isinya saja, saya langsung bisa merasakan semangat aktivis yang ingin berbagi banyak tentang dunia dan aktivitas kemahasiswaan. Ketika saya membaca isi keseluruhannya, ada iktikad, komitmen dan concern-nya penulis terhadap dunia dan aktivitas kemahasiswaan. 
RIKA JANUARITA HARYATI, S.Pd, Aktivis Perempuan di Sumatera Selatan.

Mahasiswa merupakan kelompok pemuda pilihan yang didadanya menggelora idealisme yang patut untuk terus dihidupkan sepanjang hayatnya. Namun, tidak semua mahasiswa mampu menjaga idealismenya. Lewat bukunya Mahasiswa Visioner ini, Iqbal Themi secara inspiratif betapa beliau berusaha menggambarkan bagaimana menjadi mahasiswa yang ideal selama di kampus. Yakni Mahasiswa yang dirindukan kiprahnya oleh masyarakat, yang dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara ini. Oleh karena itu, Buku ini patut dibaca khususnya bagi para pemimpi menjadi mahasiswa ideal. 
Drs. JOKO SISWANTO, M.SI, Pengamat Politik Sumsel / Dosen Ilmu Politik Fisip Unsri. 

Jika siswa adalah pelajar, maka mahasiswa semestinya adalah pembelajar sejati. Sebab, dengan disambungkannya kata “maha” dan “siswa”, tentu akan menghasilkan kesan yang jauh berbeda ketimbang kata “siswa” yang berdiri sendiri. Sayangnya, banyak yang lupa bahwa mendapatkan predikat yang satu ini begitu terhormat dan membanggakan. Buku Mahasiswa Visioner mengingatkan para mahasiswa – dan mereka yang pernah menjadi mahasiswa – akan martabat dirinya yang sesungguhnya. 
AKMAL SJAFRIL, ST., M.PD.I, Penggagas Gerakan #IndonesiaTanpaJIL

Membaca buku ini seperti mengais kembali makna menjadi mahasiswa, makna yang berserakan tanpa jejak yang jelas.  Ada pertanyaan anekdot dari rekan kerja saya,”Untuk apa susah-susah kuliah, buang duit dan buang waktu kalau pada akhirnya harus berebut secuil gaji dengan mereka-mereka yang cuma lulusan SMA?” maka, baca buku ini dan temukan jawabannya!.
UMI QONA’AH, Marketing Executive PT. Daya Cipta Sarana  Cab. Lubuk Linggau.

Membaca buku ini seakan mengembalikan saya pada masa-masa ketika masih menjadi aktifis mahasiswa. Bahasannya yang lugas mengajak kita untuk mengeksplorasi seluruh potensi kita untuk berbuat lebih dari sekedar ‘mahasiswa’. Buku ini sangat layak untuk dibaca bagi Anda calon mahasiswa, mahasiswa serta orang tua mahasiswa yang ingin anaknya menjadi Mahasiswa Luar Biasa. 
BERLIN TONI, S. Pd., Penggiat PNPM MP di Kecamatan Sekincau Lampung Barat 

“Membaca buku ini sama dengan menyantap Bakso isi daging. banyak letupan – letupan rasa yang tanpa terduga mengalir didalam paragraf – paragfraf magis bung themi. Bahasanya yang renyah dan mudah diserap namun bermakna tinggi untuk Mahasiswa yang masih galau mencari jati dirinya. Selain itu penyajiannya yang kreatif namun tidak menghilangkan kalimat-kalimat magis yang dapat meledakan semangat kaum muda untuk menjadi pemimpin bangsa yang dinanti”.
M RIZQI AZMI, S.H.,M.H, Staf Ahli Komisi III DPR RI / Peneliti Hukum di Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) 

Akan terasa hambar jika seorang Mahasiswa kuliah hanya dibangku saja tanpa ada nilai plusnya. Karena begitu pentingnya peran mahasiswa sebagai agen perubahan dimasa depan yang diasah melalui organisasi dan akademik. Buku ini menyajikan bagaimana mahasiswa itu semestinya, organisasi kuat tapi akademik sehat. Manfaat organisasi hingga strategi organisasi tanpa harus berbenturan dengan kuliah dipaparkan dalam buku ini. Terbanglah tinggi sang perubah, bawalah krisis negeri ini keluar angkasa, tanamlah benih-benih kesucian untuk bangsa ini sejahtera.
Selamat membaca.
ROHIM PAHROZI, Mahasiswa Pascasarjana Fisipol UGM Jogjakarta 

Sebagai seorang aktivis, Iqbal nampaknya sadar betul mengenai kapasitas yang ada dalam diri “mahasiswa” yang mesti mempersiapkan kualitas diri setinggi mungkin. Sehingga, kelak pada saatnya bangsa ini membutuhkan sentuhan tangan para mahasiswa, maka tak ada kata lain selain “siap” sebagai jawaban. Tentu kesiapan yang dimaksud lahir karena adanya kombinasi kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual dalam diri para mahasiswa tersebut. Lewat bukunya ini, Iqbal tengah berjuang menebar kesadarannya agar menjadi kesadaran kolektif para mahasiswa. Secara Pribadi, saya apresiasi dan merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh para mahasiswa yang ingin menjadi bagian penting bangsa ini di masa depan. Selamat buat Iqbal. 
Dra. DYAH HAPSARI, M.SIi
Dekan FISIP Universitas Sriwijaya

1 komentar:

Sebelum meng-Klik "Publikasikan" Komentar anda, silakan terlebih dahulu pilih nama ID anda di menu pilihan "Berikan Komentar sebagai"....